Kamis, 27 November 2014

MANFAAT TUMBUHAN PAKU DAN BERBAGAI MACAM KEGUNAANNYA

Manfaat Tumbuhan Paku Dan Berbagai Kegunaannya - Agaknya tidak banyak yang akan langsung mengerti apabila kata tumbuhan paku disebutkan, karena istilah ini kurang umum dikenal di masyarakat. Berbeda halnya jika disebutkan kata pakis, tanduk rusa, atau suplir. Orang akan langsung teringat dengan sayuran atau tanaman hias tertentu. Tumbuhan paku merupakan salah satu jenis tumbuhan tertua di dunia yang masih ada sampai saat ini. Bagi banyak orang tumbuhan ini sering dianggap sebagai pengganggu karena sering tumbuh liar. 
Manfaat Tumbuhan Paku

Manfaat Tumbuhan Paku

Padahal manfaat tumbuhan paku cukup banyak, diantaranya seperti yang telah disebutkan di awal.
Ciri khas tumbuhan paku adalah daunnya yang menggulung saat masih tunas. Paku-pakuan jenis tertentu memiliki ukuran daun yang tidak seragam, ada yang kecil dan ada yang besar. Sekalipun tidak banyak yang tahu nama jenisnya, pada kenyataannya tanaman ini memang sering digunakan untuk kebutuhan manusia. Misalnya, manfaat tumbuhan paku lainnya adalah sebagai sayuran. Beberapa jenis paku-pakuan seperti semanggi, paku tiang, dan pteridium aqualium sering dijadikan sebagai sayuran. Kegunaan tanaman paku juga bisa dijadikan sebagai obat-obatan, seperti jenis dyoptorix fillx-mas, aspidium SP dan locopodium clavatum.
Tanaman paku lazim juga dijadikan sebagai tanaman hias. Beberapa diantaranya tanaman paku ini adalah suplir, sarang burung, paku rane dan tanduk rusa. Tanaman-tanaman ini sering ditemukan di rumah-rumah sebagai penyemarak dan memperindah pemandangan rumah. Selain untuk tanaman hias, manfaat tumbuhan paku yang lainnya adalah sebagai bahan untuk karangan bunga seperti lycopodium cernuum.
Manfaat tumbuhan paku bisa digunakan untuk menyuburkan tanah. Pada daun tumbuhan ini terdapat kantung-kantung kecil yang menjadi rumah bagi beberapa jenis bakteri penghasil pupuk alami. Jenis tumbuhan paku ini adalah azolla pinata. Simbiosis kedua tanaman inilah yang membuat tanaman paku dapat membantu kesuburan tanah. Kegunaan tanaman paku ini biasa dimanfaatkan untuk membantu untuk menyuburkan tanah pertanian.
Terakhir ada manfaat tumbuhan paku lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui adalah sebagai bahan bakar. Tumbuhan paku adalah tumbuhan yang sudah ada sejak dahulu kala. Tumbuhan-tumbuhan ini mati kemudian menjadi fosil. Di zaman sekarang, fosil-fosil tumbuhan ini menjadi batu bara. Jadi, ternyata bahan bakar yang banyak digunakan untuk industri ini ternyata dahulunya berasal dari sisa-sisa tumbuhan paku yang telah memosil sejak lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar