Kamis, 20 November 2014

MACAM MACAM JENIS KOMPUTER BERDASARKAN BENTUK

1.        Berdasarkan Bentuk

A.       Komputer Desktop
Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bahkan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
 
Gambar : Komputer Desktop

B.       Komputer Tower 
Ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Komputer Tower memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak
Gambar : Komputer Tower
C.       Komputer Portable
Ukuran fisiknya sedikit lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa.
Gambar : Komputer Portable
Inilah komputer portable pertama, dengan berat 55 pounds yang di beri nama IBMPortable PC dengan nomor model 5100:
Pertama kali diperkenalkan: September, 1975
CPU: IBM 1.9MHz
RAM: 16K, 64K max
Display: 5 inci monitor monokrom (64 X 16 teks)
Penyimpanan: internal 200K tape (DC300)
Port: tape / printer I/O port 
OS: APL dan /atau BASIC
D.       Komputer Laptop/notebook
Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibuat menyatu.
Gambar : Komputer Laptop/Notebook

E.        Komputer Sub Notebook 
Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, komputer sub notebook masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
Gambar : Komputer Sub Notebook
F.        Komputer Palmtop
Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Untuk arus listrik pada komputer palmtop biasanya didapatkan lewat baterai.
Gambar : Komputer Palmtop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar