Kamis, 20 November 2014

MACAM MACAM JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH

1.        Berdasarkan Data Yang Diolah

Komputer dibedakan dalam 3 kategori yaitu komputer analog, digital dan hybrid. Masing-masing punya karakteristik serta cara kerja yang sedikit berbeda.
A.       Komputer Analog
Komputer Analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
Gambar : Komputer Analaog
B.       Komputer Digital
Komputer Digital Adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
Gambar : Komputer Digital
C.       Komputer Hybrid 
Komputer Hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.
Gambar : Komputer Hybrid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar