Kamis, 27 November 2014

Cara Memulihkan Kondisi Tubuh Setelah Sakit

Pada saat sakit, kondisi tubuh sesorang mengalami penurunan. Baik secara fisik maupun mental. Saat sudah sembuh dari sakit, kondisi tubuh tidak serta merta pulih seperti sedia kala. Namun perlu penanganan agar kondisi badan dapat pulih seperti semula.

Apa yang harus dilakukan untuk memulihkan kondisi tubuh sehabis sakit? Oke, menurut naturalnews, ada beberapa cara yang harus kita lakukan untuk memulihkan kondisi tubuh agar sistem kekebalan tubuh kembali normal. Berikut tipsnya:

Jogging baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit (gambar: healthtap.com)

1. Nafsu makan

Seseorang yang baru pulih dari sakit harus meningkatkan nafsu makan agar semakin banyak nutrisi yang bisa diserap tubuh. Ini untuk mengganti nutrisi yang hilang atau kurang terpenuhi selama sakit. Mengkonsumsi jus buah dan sayuran sangatlah penting karena dapat menambah nafsu makan sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Makanan sehat

Setelah terjadi peningkatan nafsu makan, saatnya Anda memilih menu makanan sehat untuk dikonsumsi. Tentu tidak sembarang makanan bisa seenaknya dikonsumsi. Ingat, hanya makanan sehat dengan gizi lengkap yang Anda perlukan. Perbanyak makan sayuran organik, tidak makan makanan olahan, dan menghindari gula atau pemanis buatan.

3. Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh. Namun banyak orang mengabaikannya. Padahal ada lebih dari 300 fungsi metabolisme tubuh yang memerlukan magnesium agar bisa bekerja secara optimal. Magnesium juga membantu dalam penyerapan vitamin C dan vitamin D. Sumber magnesium bisa Anda dapatkan dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Probiotik

Probiotik dapat membantu anda melancarkan sistem pencernaan. Beberapa ahli mengatakan bahwa bakteri probiotik terlibat hingga 60 sampai 80 persen dari total sistem kekebalan tubuh.

5. Kesehatan hati

Menjaga kesehatan hati sangatlah penting, mengingat organ satu ini berfungsi sebagai detoksifikasi alias menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Lindungi hati agar bisa bekerja sesuai fungsinya. Hindari pemakaian obat anti nyeri yang mengandung acetaminophen Tylenol, menghindari konsumsi alkohol dan pemanis buatan.

6. Kelenjar getah bening

Setelah sakit, kelenjar getah bening harus dibersihkan dari racun-racun yang menumpuk. Caranya dengan melakukan olahraga ringan seperti lari-lari kecil, jogging, loncat-loncat kecil, dsb. Jangan memaksakan olahraga yang terlalu berat karena justru akan memperparah kondisi tubuh anda.

7. Bawang Putih

Bawang putih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Jika memungkinkan, cobalah mengkonsumsi bawang putih mentah dalam menu makanan anda. Anda juga bisa meminum air hangat dengan campuran madu murni.

Nah, itu dia cara untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar