Kamis, 27 November 2014

Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya


Masker putih telur adalah salah satu dari sekian banyak jenis masker wajah alami yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah terutama wanita. Jika kuning telur mengandung banyak lemak, maka putih telur adalah sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun otot. Selain itu terkandung juga beberapa mineral seperti Kalium, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Tembaga, Seng, dan zat Besi. Putih telur juga merupakan sumber asam folat yang baik untuk otak.

Belakangan ini, putih telur banyak digunakan di dunia kecantikan, terutama untuk perawatan wajah. Ya, putih telur sering digunakan untuk membuat masker alami untuk wajah. Apa saja sih manfaat masker putih telur untuk wajah? Simak ulasannya di bawah ini.


Manfaat Masker Putih Telur


Masker Putih Telur
Penggunaan putih telur untuk masker wajah tentu bukan tanpa alasan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu mengatasi berbagai permasalahan pada wajah mulai dari komedo, jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, membuat kulit wajah lebih kencang dan awet muda, mengatasi kulit kering, berminyak hingga mencerahkan wajah.

Masker putih telur juga dapat digunakan untuk perawatan keindahan rambut. Cara pemakaiannya sama, yaitu digunakan sebagai masker rambut. Untuk merawat rambut, bisa langsung mengaplikasikan putih telur yang sudah dicampur dengan air pada rambut anda seperti menggunakan hair tonic.

Sementara untuk pembuatan masker rambut, caranya sedikit berbeda. Kocok putih telur hingga mengembang, atau sampai berbusa putih kaku. Aplikasikan pada rambut, biarkan hingga mengering lalu bilas dengan air dingin. Untuk menghilangkan bau amis, keramas menggunakan shampo seperti biasa.

Cara Membuat Masker Putih Telur

Pembuatan masker wajah dengan putih telur sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Namun yang namanya membuat memang ada proses yang harus dilalui. Dengan kata lain meramu. Berbeda dengan masker yang dijual di pasaran dimana kita tinggal menggunakannya saja setelah dibeli.

Nah, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat masker putih telur untuk berbagai keperluan. Dari mulai menghilangkan jerawat, komedo hingga perawatan untuk berbagai jenis kulit. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa telur yang digunakan merupakan telur ayam kampung, bukan telur ayam negeri.

Masker Putih Telur dan Madu untuk Kulit Normal


Memiliki kulit normal bukan berarti bebas tidak perlu melakukan perawatan kulit wajah. Jenis perawatannya lebih kepada mencerahkan, melembutkan, dan menyegarkan wajah. Dan madu adalah salah satu bahan alami paling tepat untuk itu semua. Madu mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Cara membuat: Ambil telur ayam kampung dan pisahkan antara kuning dan putihnya. Campurkan dengan madu hingga rata dan aduk hingga secukupnya. Oleskan pada wajah secara merata hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Jangan melakukan gerakan wajah seperti tersenyum dan sebagainya. Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dilanjutkan dengan air dingin untuk menutupnya.

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti madu adalah wortel, tomat dan bengkoang.

Masker Alpukat dan Putih Telur untuk Kulit Kering


Salah satu ciri Anda memiliki jenis kulit kering adalah permukaan kulit terasa kasar saat disentuh. Salah satu penyebabnya adalah kulit kekurangan kadar minyak. Makan dari itu kulit akan nampak kusam, sering gatal, dan tidak terlihat cerah. Salah satu bahan alami untuk mengatasi kuit kering sebagai campuran putih telur ini adalah alpukat. Buah alpukat ini mengandung antioksidan, asam amino, dan minyak esensial yang dapat membantu melembapkan kulit kering.

Cara membuat: Ambil buah alpukat yang sudah matang, kemudian keruk daging buahnya. Kulit dan bijinya buang saja. Haluskan daging buah alpukat tadi sampai benar-benar halus. Tambahkan putih telur ayam kampung lalu aduk hingga benar-benar merata. Oleskan ramuan tersebut apda wajah hingga mengering. Bilas dengan air hangat lalu basuh dengan air dingin.

Masker Putih Telur dan Lemon untuk Kulit Berminyak


Kulit berminyak dapat membuat pemiliknya terlihat awe mudah sekaligus kusam dan mengundang tumbuhnya jerawat. Minyak biasanya berkumpul di daerah wajah sekitar dagu, hidung, dahi, dan bawah tulang pipi. Untuk mengatasinya, Anda perlu bahan yang memiliki kandungan magnesium, vitamin C, dan sebum. Lemon adalah jawaban yang paling tepat.

Cara membuat: Ambil tiga buah lemon lalu peras dan ambil airnya. Campurkan air perasan lemon tersebut dengan putih telur ayam kampung hingga tercampur rata. Oleskan pada wajah, hindari daerah sensitif sekitar mata dan bibir. Biar sekitar 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Selain lemon, Anda juga bisa menggunakan buah mangga, pepaya dan apel. Baca juga artikel mengenai cara merawat dan mengatasi kulit berminyak.

Masker Putih Telur untuk dan Mentimun untuk Wajah Berjerawat


Munculnya jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati serta kotoran dari luar yang kemudian menjadi sarang bakteri. Buah timun, mengandung astringen yang berfungsi sebagai tonik wajah. Karena itu perpaduan putih telur dan mentimun sangat ampuh untuk mengatasi jerawat.

Cara membuat: Ambil mentimun ukuran sedang, cuci bersih lalu parut. Campurkan parutan timun dan putih telur hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan ir bersih.

Menghilangkan Komedo dengan Masker Putih Telur


Komedo merupakan jenis jerawat yang tidak meradang. Komedo sendiri ada dua jenis yaitu yang hitam (terbuka) dan yang putih (tertutup). Kedua jenis komedo tersebut dapat mengganggu penampilan Anda dan dapat menyebabkan jerawat jika dibiarkan terus. Salah satu cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan masker putih telur.

Caranya, ambil satu butir telur ayam kampung, ambil bagian putihnya saja. Kocok putih telur hingga berbusa lalu aplikasikan ke seluruh wajah. Tempelkan tisu kering menutupi bagian wajah yang diolesi masker putih telur tadi. Setelah kering, angkat tisu dan komedo akan terbawa. Bilas wajah dengan air hangat kemudian dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

Kalau ingin yang praktis, tinggal beli saja nosepack. Tapi tentu tidak akan merasakan manfaat masker putih telur yang lainnya. Baca juga artikel mengenai cara menghilangkan komedo secara alami.

Oke, itu dia tips cara membuat masker alami dari putih telur dan manfaat putih telur untuk kecantikan wajah dan rambut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar