Kamis, 20 November 2014

MACAM MACAM JENIS KOMPUTER BERDASARKAN BIDANG MASALAH

1.        Berdasarkan Bidang Masalah

A.       General Purpose Computer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. Karena general purpose computer tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah.
Gambar : General Purpose Computer

Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
B.       Special Purpose Computer
Adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.
Gambar : Special Purpose Computer
Contoh dari special purpose computer adalah mesin Tes Ekokardiografi atau USG jantung, atau yang lebih sering disingkat dengan sebutan Echo, merupakan suatu pemeriksaan yang memberikan gambaran jantung Anda yang sedang berdenyut dan dapat merekam gambar dengan sempurna, yang dapat membantu Dokter Anda dalam mengevaluasi kesehatan jantung Anda. Tipe USG jantung yang paling sering digunakan adalah jenis non-invasif, dan sangat mudah dilakukan pada pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar