Kamis, 20 November 2014

5 Cara sederhana untuk kurangi risiko stroke


Stroke adalah salah satu masalah kesehatan yang dihindari oleh semua orang. Stroke bahkan diketahui sebagai penyebab kematian keempat pada orang dewasa. Karena itu mengetahui cara mencegah stroke adalah hal yang harus diketahui semua orang untuk terhindar dari penyakit ini.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology mengungkap beberapa cara mudah untuk menangkal stroke, seperti dilansir oleh Care2 (23/10).

1. Makan sehat
Menjalani pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan adalah salah satu cara untuk menghindari stroke. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, serta hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, daging olahan, atau lainnya.

2. Olahraga
Berolahraga ringan selama 40 menit atau lebih setiap hari ditambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu akan menurunkan risiko stroke.

3. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok berdampak pada risiko stroke. Jika ingin menghindari stroke, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

4. Berhenti minum alkohol
Minum hingga sembilan gelas alkohol per minggu bisa meningkatkan risiko stroke. Karena itu jika ingin menurunkan risiko stroke, salah satu caranya adalah dengan menghentikan kebiasaan minum alkohol.

5. Menjaga berat badan
Memiliki berat badan ideal juga bisa membantu Anda menurunkan risiko stroke. Caranya adalah dengan berdiet dan menjaga pola makan, serta gaya hidup yang sehat.

Hasil ini ditemukan peneliti di Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia. Mereka melakukan pengamatan terhadap 32.000 wanita Swedia dengan usia rata-rata 60 tahun. Setelah melakukan empat gaya hidup di atas, partisipan mengalami penurunan risiko stroke hingga 54 persen. Jadi tunggu apa lagi, tangkal stroke dengan mulai melakukan lima kebiasaan sederhana di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar