www.commons.wikimedia.org
Pergi ke pantai saat liburan di Amsterdam bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya perlu naik kereta atau berkendara menuju arah barat dan Anda pun dapat sampai di Zandvoort. Selain sirkuit balap mobil, desa tersebut juga terkenal sebagai salah satu resort pantai paling populer di Belanda.
Pantai Zandvoort sangat mudah dicapai dari kota Amsterdam. Jaraknya hanya 30 menit menggunakan kereta. Desa Zandvoort sudah bergantung dari hasil laut sejak berabad-abad lalu, baru pada abad 19 ia berubah menjadi kawasan resort. Resort pertama dibangun pada tahun 1828, setelah itu Desa Zandvoort mulai dikunjungi banyak tokoh-tokoh kerajaan. Kini pada musim semi dan musim panas, pantai tersebut bisa dipadati sebanyak 10.000 pengunjung.
Garis pantai Zandvoort memanjang 9 kilometer. Pada tahun 1975 sekitar 2,5 kilometer-nya ditetapkan sebagai areanaturist beach atau nudist beach. Lokasi tersebut ditandai menggunakan bendera dan dikhususkan bagi mereka yang ingin berjemur tanpa pakaian. Pantai Zandvoort sendiri menerima penghargaan Blue Flag dan Quality Coast Flag. Kedua penghargaan tersebut hanya diberikan pada pantai-pantai paling bersih dengan fasilitas mumpuni. Untuk keselamatan perenang, di sekitar pantai sudah disiapkan para penjaga pantai dan pos pertolongan pertama. Terdapat banyak aktivitas selain berenang dan berjemur yang dapat dilakukan.Beachgoers juga dapat menerbangkan layang-layang, berselancar, windsurfingparagliding, memancing, berkuda, dan bermain voli. Anak-anak sangat menggemari bermain pasir dan membangun istana di atas pasir putihnya yang lembut. Restoran, cafĂ©, bar, hotel, berjajar di tepi pantai menyambut para pengunjung. Pantai ini tak hanya ramai dikunjungiamsterdamers, tetapi juga para pelancong mancanegara seperti Jerman.
www.panoramio.com
Zandvoort memiliki dua gunung pasir, yaitu di bagian utara dan selatan pantai. Gunung pasir itu bisa digunakan untuk bersepeda karena sebagian jalurnya telah diaspal. Selain sebagai pencegah banjir, kawasan tersebut juga tempat tepat untuk menjelajahi alam, melihat bunga-bunga indah, kehidupan liar setempat, dan bahkan di sana tercatat ada sekitar 200 spesies burung. Itulah sebabnya gunung pasir Zandvoort ini jangan sampai terlewatkan dalam kunjungan Anda.