Senin, 16 Februari 2015

5 Tips Menghemat Uang Jajan

celengan-2
Pasti dooong kamu diberi uang saku setiap hari atau setiap minggunya oleh orang tua kan sobat? Dan terkadang kebanyakan, uang jajan yang diberikan keluar tak terkendali sehingga tidak cepat habis dan tak terpakai sesuai kebutuhan. Mungkin tidak salah juga sih kalian menghabiskan uang tersebut untuk sekedar jajan di sekolah, tetapi pernah nggak sih sobat mempunyai keinginan untuk bisa membeli sesuatu dengan uang sendiri atau bepergian ke luar negeri dengan uang sendiri? Hal seperti itu pasti tidak terelakan lagi untuk para sobat pelajar SMA. Nah, untuk menghemat uang saku kamu nih perlu dicoba beberapa tips berikut ini. Kalau hemat kan berarti juga ikut membantu beban orang tua kamu juga dong, iya nggak? Iya dong!
1. Pada awal bulan, biasakan selalu membuat daftar pengeluaran yang sekiranya mau kita keluarin bulan itu, dengan cara memisahkan antara : Pengeluaran wajib (misalnya ongkos sekolah, pulsa, bensin), pengeluaran ingin (misalnya mau beli baju, nonton bioskop dan beli sepatu). Lebih bagus lagi kalo dari pengaturan di awal ini ada sisa anggaran untuk ditabung. Supaya nggak cepet  abis, uang untuk ditabung ini buru-buru langsung masukin ke tabungan ya. Menabung nggak harus ke bank loh, bisa dengan cara ‘bahuela’ nih dengan menggunakan celengan. Clary sarankan beli celengan yang bentuknya lucu ya misal doraemon atau pink piggy bank biar kamu semangat dalam menabung mwihihi ^^
2. Langsung pulang ke rumah tiap kali pulang sekolah. Hindari nongkrong di mall, butik, kafe atau tempat-tempat jajan lain sob, karena tanpa sadar kita pasti ngeluarin uang untuk makan, minum atau beli barang-barang yang sebetulnya kita nggak perlu-perlu amat. Sesekali demi gaul sama temen sih boleh aja, asal tetep atur pengeluaran dan jangan sering-sering juga ya ;)
3. Biasain bawa bekal makanan dan air minum sendiri dari rumah. Selain menghemat, tentunya masakan mama jauh lebih sehat daripada kita jajan loh sob. Keuntungan membawa bekal, makanan kita juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya sob!
4. Selalu bikin daftar barang-barang yang pengen di beli. Kalo bisa nih ya sob, catet harganya dulu. Kalo harga barang yang pengen banget kamu beli harganya mahal, lebih baik nabung dulu deh. Utamakan barang-barang yang sangat butuhkan dan ‘urgent’. Nah,  tadi di awal kan Clary udah menyarankan tuh untuk menyisihkan uang untuk tabungan, nah tabungan ini bisa dipakai kalo kita punya kebutuhan-kebutuhan kaya gini sobat.
5. Berhentilah Membeli Barang yang Tidak Kamu Perlukan sobat. Bedakan antara ingin dan butuh. Terkadang kita tergiur apabila melihat barang-barang lucuk atau gaul abis kalo kamu punya, terutama untuk cewek nih sering banget kan. Apalagi kalo barang itu  favorit kamu banget, misalnya aksesoris atau album idola kita. Tapi sebagai seorang pelajar kamu memiliki banyak kebutuhan yang dituntut oleh sekolah maupun statusmu sebagai pelajarmu juga lho sobat, no more shoppaholic gals! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar