Senin, 16 Februari 2015

5 Tanda Hormon Tidak Seimbang


ketidakseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon adalah masalah yang umum terjadi. Hal ini biasanya terjadi karena gaya hidup atau pola makan yang kurang sehat. Walaupun kesannya sederhana, namun ketidakseimbangan hormon bisa berdampak pada kesehatan. Untuk jangka panjang, ketidakseimbangan atau kekurangan hormon pada wanita bisa menyebabkan infertilitas. Adapun ciri-ciri ketidakseimbangan hormon pada wanita adalah sebagai berikut :
1. Berkeringat ketika tidur di malam hari
Apabila anda tiba-tiba bangun tidur di malam hari dalam keadaan berkeringat dan kepanasan, bisa jadi hal itu karena tingkat estrogen dalam tubuh yang lebih rendah atau bisa jadi anda sedang mengalami masa perimenopause. Menurut OB-GYN, Dr. Alyssa Dweck, perimenopause bisa terjadi hingga 10 tahun sebelum usia menopause.
2. Kelelahan
“Jika anda mengalami kelelahan setelah melaksanakan ujian akhir selama seminggu, atau bekerja hingga larut malam, maka anda mungkin baik-baik saja”, ujar Dweck. “Namun bila anda terus-menerus merasa lelah, bisa jadi tanda tiroid anda kurang aktif”, tambah Dweck.
3. Jerawat/perubahan pada kulit
Jerawat memang bisa timbul karena jarang membersihkan wajah. Namun jika jerawat muncul di sekitar area bawah wajah, bisa jadi level testosteron dalam tubuh anda cukup tinggi.
4. Pertumbuhan rambut
Yang dimaksudkan di sini adalah pertumbuhan rambut yang sangat cepat. Misalnya jika tiba-tiba tumbuh jenggot dalam waktu singkat sekitar satu bulan atau rambut hitam bermunculan di lengan, punggung, dan bahkan dada, bisa jadi ini adalah indikasi tumor testosteron mensekresi, jelas Dweck.
5. Periode aneh
Sama halnya dengan kelelahan, siklus menstruasi yang tidak teratur atau kacau bisa berasal dari berbagai faktor, seperti estrogen rendah, masalah tiroid, stres, atau juga sindrom ovarium polikistik (PCOS).
“Salah satu ciri PCOS adalah menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada, namun juga bisa muncul dengan kesulitan menurunkan berat bada atau pertumbuhan rambut yang aneh” ujar Dweck. PCOS sejatinya bisa diatasi dengan cara diet olahraga, dan pil KB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar